Friday, February 6, 2015

Nikah atau Kawin..?

Dorr!!! jumpa lagi nih sama gue yang lagi sibuk membiasakan diri buat sibuk di awal semester ke 4 ini.

Kali ini gue mau ngebahas yang namanya kawin dan nikah. Mungkin sepele ya? kita semua juga tau lah apa bedanya nikah sama kawin, yaaa you know lah.... et tunggu dulu walaupun masalah sepele kaya gini banyak orang yang salah loh mengartikan nikah sama kawin. Ga percaya..? cekidot


  
 setau gue setelah nikah itu namanya resepsi


 masa sih? kita buktiin nanti ya



kan kalau kawin juga pake niat baik baik, pake persiapan yang matang juga kok, mempersatukan 2 keluarga juga kok, sesuai syariat agama juga kok. 

Setau gue ucapanya itu namanya ijab qobul deh bukan nikah. kawin perbuatan? iya sih 


kawin bikin anak? setau gue proses membuat anak itu di awalin sama hubungan suami istri, terus terjadi pembuahan, dari zigot embrio dan seterunya. nikah KUA? setau gue kalau ke KUA itu buat ngurus surat surat pernikahan deh. Nikah di rumah juga bisa


That right, tiap orang beda mengartikanya cuman gue ga ngerti kenapa hampir orang yang gue tanya selalu mengartikan nikah dan kawin itu seperti gambar gambar di atas. dari mana sih asal muasal kalau kawin itu merupakn sebuah kegiatan yang selalu bertanda kutip yang tentu kita semua tau maksud dari tanda kutip tersebut.dan dengan alasan tersebut lah gue mencoba membuat postingan ini



udaaahh.. cuman ya sama hampir semua blog yang gue kunjungin berpendapat sama dengan yang di atas atas




 Jadi... apa sih bedanya nikah sama kawin....? 

Nah menurut KBBI artinya sama. yaitu menyatukan. secara pengertianya itu menyatukan melalu proses ijab dan qobul. Jadi Nikah dan kawin itu sama bro artinya. bedanya hanya berasal dari asal bahasanya aja. Menurut guru Agama Islam gue, nikah itu berasal dari bahasa Arab sedangkan kawin itu berasal dari bahasa Indonesia. tp ga tau juga sih. cuman yang mau gue tegaskan di sini tuh kalau kawin dan nikah itu sama artinya. dan menurut gue cukup bodoh orang yang mengartikan kawin kaya gambar yang awal awal itu. ga percaya kalau kawin itu artinya sama kaya nikah? berikut menurut sudut pandang gue 


 itu kan gue yang bilang ke elu -_-



Pasti ada yang bilang kalau nikah itu ribet kalau kawin itu gampang.. iya kan? pasti kalian pernah denger orang yang bilang kaya gitu. oke kalau misalnya kawin dan nikah itu sesuatu hal yang berbeda. dan sesuai sama apa yang biasa ini orang mengartikan. menurut gue kawin adalah suatu hal yang ribet dan nikah sesuatu hal yang gampang. Kenapa? karna kalau kita mau kawin ada beberapa hal yang harus di penuhi. diantaranya itu ada mempelai laki laki dan wanita. terdapat 2 saksi dari perwakilan mempelai dan masih banyak lagi. lohhh bukanya itu syarat yang harus ada pas nikah?  kata siapa? di Indonesia nikah itu ga ada syaratnya, tp kawin lah yang ada syaratnya. ga percaya? coba aja ngegoogle "undang undang pernikahan" gue jamin 100% yang keluar malah "undang undang perkawinan" so kalau emang kawin itu suatu hal yang bertanda kutip yang kalian maksud. emang mau ngelakuiin itu  ada saksinya-__- kan ngga..... terus kalau di perhatiin gambar  ke 3 dia bilang kalau nikah itu perkataan yang lebih sopan dan terpelajar jadi kawin sesuatu hal yang ga sopan dan ga terpelajar?  berarti yang bikin Undang Undang perkawinan itu orang ga terpelajar? sekarang siapa yang ga terpelajar...? 

Jujur gue suka emosi sendiri kalau ada orang yang masih mengartikan kalau kawin itu suatu kegiatan yang bertanda kutip. Jujur banget gue pengen banget ngerubah sudut pandang orang orang yang menganggap kalau kawin itu suatu hal yang negatif. ga ngerti dari mana awalnya orang orang bisa menganggap kalau kawin itu bertanda kutip. emang sih di dunia biologi jika ada hewan yang melakukan hubungan sex disebut kawin. cuman kita kan manusia. masa iya mau di samain sama hewan...? gue sih ga mau, kalian aja sana

ngomongin soal nikah, tau nikah kontrak atau kawin kontrak? kawin kontrak itu sah sah aja sama agama. syarat kawin kontrak sama kaya syarat kawin pada biasanya. kalau orang melakukan kawin kontrak mereka sah ko kawinya secara agama. tp ngga secara hukum yang bedain kawin kontrak sama kawin biasa itu cuma di buku nikah, orang yang kawin kontrak ga dapet buku nikah, ga dapet pengakuan secara hukum, dan itu sangat merugikan pihak tertentu, misalnya istri yang ga nerima haknya dari suami sang istri ga bisa nuntut suami secara hukum. cuman ada temen guru gue melakukan kawin kontrak untuk menghindari  dosa. karna untuk mempersiapkan proses pernikahan yang sebeneranya pasangan calon suami istri itu kan bakalan kemana mana berdua buat siapin segalannya dan mereka melakukan kawin kontrak cuman untuk menghindari dosa ketika mereka kemana mana berdua. ngertikan maksud ceritanya? ngerti lah. dan gue juga sepertinya punya rencana seperti itu... hhhhmmmm kayanya sih iya kalau sudut pandang orang tentang kawin kontrak udah berubah

Dan ada 2 hal yang lucu menurut gue. 
Pertama "hamil diluat Nikah"
 Hamil "diluar" nikah. dimana mana mah yang namanya hamil pasti diluar nikah!!! emang elu pernah liat ada cewe yang ngga hamil, terus dia mau nikah. nikah itu kan proses ya, ijab dan qobul, terus pas mempelainya lagi ijab dan qobul tiba tiba cewenya hamil gitu aja. jadi hamil didalem nikah?hamilnya pas lagi proses nikah. yang ada orang bingung kenapa itu bisa hamil tiba tiba gitu.ini menurut gue orang orang harus merubah perumpaan hamil diluar nikah ini jadi "hamil sebelum nikah" nah kalau kaya gini lebih masuk akal

Terus juga yang lucu tuh. suka ga sih dateng ke acara pernikahan gitu, perhatiin deh pas lagi ijab dan qobul. pasti ada yang kata katanya kaya gini
"saya terima nikah dan kawinya (sebut nama) dengan mas kawin blablabla di bayar tunai"

gitu kan? ada yang aneh ga? kita kan tau ya nikah dan kawin itu artinya sama, kenapa harus ngucapin kedua duanya, "saya terima nikah dan kawinya" lah kan itu sama aja artinya! pengulangan kata itu. kenapa ga pake 1 kata aja sih pilih lah mau nikah atau kawin jangan serakah begitu.

Gue harap sih postingan gue kali ini bisa ngerubah sudut pandang orang orang tentang kawin. toh kalau ada yang ga setuju sih ya terserah itu mah hak kalian. jaman modern kaya gini masih menganggap kawin sesuatu hal yang bertanda kutip tuh ketinggalan jaman bangetlah

Dan Terakhir gue mau minta maaf kalau ada kata kata yang menyakitkan hati, gue cuman becanda gue orangnya gitu kalau becanda suka serius. 

Dan kalau suatu saat nanti di ask.fm dapet pertanyaan yang ga masuk akal tolong di jawab aja yak jangan di abaikan gitu. dan jawabnya yang nyambung juga-_- ga papa salah yang penting ga keluar topik. soalnya orang yang gue ask itu banyak cuman yang jawab dikit, dan banyak juga yang ngaco. contohnya

iya selamat hari gizi nasional. tp liat dulu lah pertanyaanya apaan...-_- ada juga yang malah ngepap foto sama pacarnya terus bilang happy anniversary-_-

segitu aja yak, dan tunggu hal hal yang lain ya........ follow dong follow




0 comments:

Post a Comment