Saturday, March 15, 2014

Pendidikan Tata Boga

Dor!!.... kowok kowok kowok
         jumpa lagi nih yakan sama gue sih mahasiswa bodoh yang genius. Iya iya gue tau ko kalian kangen banget sama gue iya gue tau, sabar dong sabar ngga usah niat pengen peluk peluk gitu deh.... wkwkwkw
         Oh iya kali ini gue mau bahas prodi gue nih. Iya betul Pendidikan Tata Boga!!! dubidam bidam bidam *ceritanya ada musiknya gitu*
          Sekarang kan anak anak kelas 12 lagi sibuk cari prodi buat snmptn yakan, kali aja postingan gue ini bisa bermanfaat bagi yg lagi labil labil gitu dehh. oke cekidot men
          Pertama mungkin gue bakal bahas gimana lingkungan di sekitar prodi gue nih ya. prodi gue itu ada di jurusan IKK fakultas TEKNIK Universitas Negeri Jakarta, ya biasa di singkat IKIP *loh* wkwkw. jadi yang ada di jurusan gue bisa dikatakan para ibu ibu rumah tangga idaman dan para para suami idaman lah pokoknya, kenapa ngga? di jurusan gue ada prodi tata boga, tata rias, tata busana, sama pkk, ya pikir aja sendiri, tp kalau cowo cowonya yg selain di boga emang rada rada gini ngertikan maksud gue? yaaa you know what i mean lah. Dan bisa di katakan di jurusan  gue itu perbandingan cowo sama cewenya 1 :10 lah,ya bisa di bayangin kan kalau di jurusan gue isinya wanita wanita cantik semua, pokoknya bagi elu (cowo) yg mau cari pacar, silakan main di jurusan gue aja deh, tinggal pilih lah pokoknya. eh tp ada juga loh cewe yang imitasi, jadi hati hati aja. Dan prodi gue juga masuk ke fakultas teknik, jujur gue juga ngga ngerti kenapa bisa masuk ke fakultas teknik mungkin karna kita banyak praktek kali yak, di fakultas teknik sendiri ada 4 jurusan yaitu  Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil dan tentunya IKK, oh iya arti dari IKK iitu sendiri adalah Ilmu Kesejahteraan Keluarga. keren kan? udah bilang aja keren
       

 Nah ini baru sebagian dari Boga 2013 tp yg di paling kiri foto ini yg pake baju item dia bukan angkatan kita yak -_-






      Nah kemudian untuk gedung sendiri itu kita nempatin gedung H di kampus A rawamangun, kalau dari pintu masuk yg BNI itu aga jauh sih jalananya tp kalau masuk dari yg labschool mah deket jalanya. gedungnya itu tingkat 4 dengan cat dasar putih. pokoknya kalau masuk ke gedung H aromanya tuh khas banget deh pokoknya. kalau masuk ke lantai  kadang ke cium bau larutan gitu soalnya di situ ada lab anak mipa, gue juga ngga ngerti kenapa labnya bisa di situ padahal fakultas mipa ada di kampus B -_-, terus naik sedikit ke lantai 2 bakal sering ke cium aroma masakan yang kadang baunya enak dan kadang baunya ngga enak, mungkin karna berbagai macam aroma masakan menjadi satu jadi baunya rada ngga enak gitu. di lantai 2 juga ada 2 lab yang satu lab pengolahan dan satu lagi lab pastry bakery. kalau kalian naik ke lantai 3 itu bakal ke cium wangi wangi khas dari cosmetic yang di pake anak rias buat praktek sepengalaman gue ga pernah ada bau cosmetik yang enak di cium baunya bikin iyuuh banget deh pokoknya, nah di lantai 4 itu menurut gue netral ya ga bau khas apa apa, oh iya di lantai 3 juga kadang ada bau bunga gitu soalnya ada matkul yang ngerangkai bunga gitu. 
      Nah kita fokus ke boga sekarang. boga di unj itu ke bagi lagi jadi dua, ada yang Pendidikan Tata Boga dan D3 Tata Boga, gue bakal fokus ke pendidikan Tata Boga, karna itu prodi gue, sesuai dengan kata depanya "Pendidikan" gelar yang bakal gue dapet itu Spd, yap jadi guru smk, tp tenang ga semua lulusan pend tata boga bakal jadi guru ko, nah di sini juga di harapkan lulusanya itu bisa bekerja jadi chef pastinya sesuai cita cita gue, amin bakal kesampaian amin, kemudian bisa jadi penulis majalah kuliner, terus bisa jadi wirausaha di bidang boga, bisa jadi penasihat kuliner, dan lain lain lah pokoknya oh iya bisa jadi ahi gizi juga loh, soalnya di sini gue belajar tentang gizi juga, keren kan? iyalaaaahh 
      Kemudian apa sih yang di palajarin di Pendidikan Tata Boga. Yap sesuai backgroundya pendidikan kita juga belajar tentang ilmu pendidikan dan keguruan gitu lah, contohnya itu di semester dua ini gue lagi belajar ilmu pengantar pendidikan, semester 1 gue belajar psikologi perkembangan, pokoknya yang umum umum gitu lah. dan untuk khusus di boga itu gue belajar kaya ilmu bahan makanan, gizi dasar, pengenalan alat pengolahan dan hidangan, pengolahan makanan nusantara trs juga nanti bakal belajar tentang makanan continental, dasar roti pokoknya banyak deh. oh iya jgn salah ya di sini jga gue belajar kaya matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia, pancasila, fisika, kimia dan nanti juga belajar anatomi. keren kan? ya keren lah wkwkw. dan kita juga praktek ko jadi ngga cuma teori aja. 
      Gimana rasanya belajar di prodi ini? menurut gue belajar di boga seru, karna tuh belajar di boga tuh ga bakal ketinggalan jaman lah, kalau kata ketua prodi gue mah selama manusia masih butuh makanan orang boga ga akan pernah kesusahan. terus tuh elu bakal dapet pengalaman yang beda lah dari temen temen lu yang lain. pokoknya TOP untuk elu yg suka cari pengalaman yang beda dari yang lain. tp aga miris sih emang kalau denger omongan orang yg ngga ngerti sama sekali sama dunia boga. orang tuh bakal mandang kita kaya" ih apaan sih kuliah di tata boga, pembantu gue ga usah kuliah juga bisa masak'' ya pokoknya semacem itu lah, percaya sama gue masak yang sebenar benarnya masak tuh ngga gampang, ngga segampang ngebalikin badan lu kalau ada orang yang manggil elu. dan untuk gaji di dunia kerja pun orang boga dapet tempat yang menjanjikan. gue baca di kaskus gaji minimal seorang koki di cafe aja sebulan itu 3 juta. ya emang ngga seberapa tp kalau kata saudara gue yg kerja di kapal, katanya orang yg kerja di bagian dapur tuh biasanya gede di tips mereka, sebulan itu bisa sampe 2 juta tp sesuai sama mereka yg dateng juga sih. dan itu baru di di cafe mungkin kalau di restoran berbintang bisa sampe 5 juta lebih perbulan .dan target gue itu gue mau kerja di kapal pesiar untuk beberapa tahun kerja di sana. dan untuk gajinya itu sekitar $1500 iya dollar, iya dollar men dollar. jadi buat kalian jangan ngerendahin anak boga deh,mungkin sekarang bisa di katakan kami tuh ngga keren ngga kece tiap hari kerjaanya ke pasar sama ke dapur mulu, tp liat nanti ya kalian pasti butuh kami :cool *masang kaca mata hitam.
Udah ah, pokoknya prodi boga bisa jadi pertimbangan lah buat kalian yang mungkin masih labil labil gitu. oh iya untuk info aja se tau gue untuk boga itu ngga cuma ada di unj, untuk swasta juga ada di universitas syahid, untuk mau yg lebih bagus lagi bisa ke STP Bandung. udah sekian lah dari gue *salam satu panci*


Ini ada beberapa Foto Foto kegiatan gue yg menunjukan kalau anak boga tuh keren





Tuh keren kan gue


Keren kan kita? ya keren laah!!!


Ini beberapa hasil praktek di semester 1, untuk semester 2 gue belom praktek masuk ke dapur jadi belom ada hasil yg bisa di abadikan

Pecaya sama gue ngelakuin praktek foto yg di atas itu ga mudah, kita mesti sesuai sama ukuran, ada yang ukuranya 1x1x1 cm dan bisa kalian liat itu bahkan ada ukuranya yang mm loh









cantik cantikan? kaya gue 






Syudaaahhh!! sekian dan terima kasih semoga bermanfaat
INI PRODI KU, MANA PRODI MU?
Oh iya ini apdet per Agustus 2018 gue sering banget nerima email atau pesan di instagram yang nanya nanya tentang boga. gue seneng kok nerimanya karna bisa berbagi info yang bermanfaat, cuman kalau di email atau DM instagram guenya suka slow respon, apalgi kalau comment langsung di blog, jadi untuk mempermudah temen temen buat nanya nanya tentanga boga silakan klik DISINI gue lagi aktif disana dan selalu on kok, jadi bisa langsung di respon kalau guenya ngga tidur
oh iya akun guenya di add dulu aja ya, nanti langsung di acc. Thansk u semoga bermanfaat

105 comments:

Unknown
July 13, 2014 at 10:11 AM

Kak mhon infox kak.untuk biaya pendaftaran pend.tata busana berapa ya kak..??
Mhon banget kak d reply.makasih y kak..

Unknown
November 15, 2014 at 7:38 PM

kak kalo untuk praktek biayanya termasuk yang persemester apa beda lagi???

Anonymous said... Reply
November 28, 2014 at 9:22 PM

kak tolong info tentang biaya ditataboga unj..

Miftahul Hadi
January 4, 2015 at 9:03 AM

eh maap-_- baru liat ada komentar
1. Untuk biaya tata busana kurang tau gue
2 Kalau untuk praktek kaya beli bahan bahan gitu kita beli sendiri dan ada beberapa yg di sediain di kampus. biasanya kalau mau praktek suka ngecheck dulu di kampus ada apa ngga bahan yg mau di pake, kalau ga ada baru kita beli sendiri. tp kalau untuk alat sudah di sediain sama kampus
3 kalau di unj biaya persemesternya itu tergantung sama kemampuan pendapatan keluarga nanti ada perhitunganya di sana cuman ga tau dah itu bener apa ngga soalnya di kelas gue semua nya sama bayarnya. jadi ga bisa mengansumsi berapa biayanya.

maaf banget ya bales nya telat

Unknown
January 11, 2015 at 6:56 AM

Ka klo masuk ke tata boga kira-kira susah atau gampang ?

Miftahul Hadi
January 15, 2015 at 9:13 AM

@Siti Nurlela ini cara masuknya kan? kurang tau ya, gue kan masuknya lewat snmptn jadi ga bisa kasih tau tuh susah atau gampang, ya kalau mau masuk ke tata boga unj kan ada 3 jalur tuh, snmptn, sbmptn sama UMB dan kalau emang mau niat masuk mah ya tinggal di pelajarin aja tuh soal soal Sbmptn sama umb tahun kemarin

Unknown
January 15, 2015 at 8:27 PM

klo menurut kaka peluang untuk masuk ke tata boga besar gak sih ? terus kira-kira sekarang banyak gak sih peminatnya

Miftahul Hadi
January 17, 2015 at 1:21 PM

@Siti Nurlela gede ga ya? ya tergantung sih, kalau lewat snmptn kan yang di liat nilai rapot ya kalau nilai rapot kamu bagus kemungkinan besar di terimanya juga besar, kalau lewat sbmptn sama umb itu kan tergantung skor pas tes juga
kalau menurut gue sih untuk sekarang prodi tata boga udah mulai banyak peminatnya, mungkin efek acara acara masak di tv tv, trs juga di kampus sekarang tuh anak boganya jadi banyak gitu

Sylviaardiana
January 18, 2015 at 4:54 PM

Kak aku mau tanya tapi ga di comment ini bisa ga?

Sylviaardiana
January 18, 2015 at 4:55 PM
This comment has been removed by the author.
Miftahul Hadi
January 20, 2015 at 1:56 PM

@Syarekpu follow twitter aja @mifftahhadi, nanti mention aja. nanti di follback nanti nanya nanya lwat DM

lisa khairina said... Reply
February 13, 2015 at 8:41 AM

kak, kan nilainya dari snmptn. dilihatnya dari mata pelajaran apa aja kak? dibalas ya,, mksih..

Miftahul Hadi
February 18, 2015 at 9:21 AM

@lisa khairina wah kurang tau deh kalau itu. selain nilai sertifikat sertifkat yg udah pernah di dapet juga ngebantu banget kok

Unknown
February 23, 2015 at 8:21 AM

Bro kalo dari smk elektro ke tataboga bisa ga?

Unknown
February 25, 2015 at 11:48 PM

Asli kak keren banget :D kalo di unj belajar tata boga nya khusus ttg masak2 gitu kan ya bukan yg perhotelan nya? Termasuk culinary art gak kak? Tolong jawab ya, pengen jadi chef juga soalnya :3

Miftahul Hadi
March 3, 2015 at 5:37 AM

@Bintang Prawira bisa aja bro, temen ane ada yang dari smk budi utomo kok. anak elektro juga.

Miftahul Hadi
March 3, 2015 at 5:39 AM

@Widdy Winny kalau yang tataboganya aja iya. tp kalau yang pendidikan Tata boga belajar tentang pendidikan juga. belajar sedikit tentang perhotelan juga kok. iya nanti ada 1 matkul namanya seni kuliner, nanti kaya bikin fruit curving gitu. yang buah dihias hias jadi macem macem. seru loh

Unknown
March 13, 2015 at 1:31 AM

Waww asikk gue ikutan snmptn ambil jurusan tata boga di unj semoga aja di terima. Amin

Anonymous said... Reply
March 20, 2015 at 12:14 PM

kalo per semsternya lo bayar berapa?

Unknown
June 24, 2015 at 12:52 PM

bang, mohon maaf nih, aku boleh minta alamat tempat kuliahnya ga? tolong kirimin di g+ ini email aku rdanang31@gmail.com tolong ya bang^^ . thanks bang

Zenal
August 25, 2015 at 10:00 PM

Wah bakal jadi chef kelas dunia nih kayaknya. Makanannya mantap tuh bang. Salam kenal

Unknown
September 8, 2015 at 2:53 AM

assalamualaikum kak..
mau nanyak bedanya yg pendidikan sma gk apa ya kak?
trus kira2 ada perbedaan biaya kuliah gk kak?

Miftahul Hadi
September 8, 2015 at 8:28 AM

@wayan m. yusuf
waalaikum salam, perbedaanya itu
Kalau untuk gelar, yg pendidikan itu S1 kalau yang ga pendidikan D3
untuk mata kuliah lebih banyak S1 karna ada beberapa matkul tentang kependidikan gitu
Untuk masa studi juga beda,
kalau untuk biaya kuliah kan sekarang pake sistem ukt, apa itu sistem ukt silakan di google aja ya

Unknown
September 15, 2015 at 9:31 AM

kak satu angkatan prodi tata boga ada brp anak kak? buat pertimbangan jumlah yg diterima snmptn

Miftahul Hadi
September 23, 2015 at 12:01 PM

wah kalau di angkatan gue sih hampir 100, kalau untuk yg snmptn nya kurang lebih 45an lah, tp angkatan di bawah gue lebih sedikit jumlahnya, tau deh kedepanya bakal lebih banyak lagi apa ngga

Yunita Asfia
October 11, 2015 at 3:51 AM

kk masuk lewat snmptn pake piagam penghargaan atau sertifikat gitu gak?

Anonymous said... Reply
October 19, 2015 at 8:54 PM

nnt klo udh lulus, lanjut kerjanya sndri atau ada disalurkan gtu kak?

Unknown
November 22, 2015 at 5:20 AM

Kalo D3 tata boga gelarnya apa kak? Kuliahnya ttep 4thn ?

Unknown
November 22, 2015 at 5:20 AM

Kalo D3 tata boga gelarnya apa kak? Kuliahnya ttep 4thn ?

mutiaranaa
December 18, 2015 at 9:25 PM

Kak kalo dari jurusan ips bisa gak sih masuk tata boga?

raantokiin
January 7, 2016 at 1:15 AM

Asalamu'alaikum,
mau nanya kalau tata boga mata kuliahnya apa saja?
apa pelajaran umum seperti di SMA masih ada?(ipa, ips, matematika
bahasa ingris, bahasa indonesia, kewarganegaraan, dll)
Biayanya kisaran berapa? terima kasih.

Miftahul Hadi
January 9, 2016 at 4:26 AM

@mutia fifah
maaf baru bales,
bisa kok dari IPS masuk ke tata boga, bahkan anak SMK elektronika aja ada yg masuk tata boga

Miftahul Hadi
January 9, 2016 at 4:33 AM

@raantokiin
waalaikum salam, Kalau untuk tata boga matkulnya cukup banyak di antaranya dasar boga, makanan nusantara,makanan asia,makanan kontinental,teknologi makanan dan minuman, tata hidang masih banyak lagi deh
kalau untuk Pendidikan tata boga hampir sama kaya tata boga bedanya ada tambahan matkul tentang pendidikan seperti Teori belajar dan pembelajaran,Perencanaan pembelajaran, Pengantar Ilmu Pendidikan dan masih banyak lagi sih
kalau untuk pelajaran umum seperti bahasa indonesia,matamatika,kewarganegaraan, agama,bahasa inggris di semua jurusan pasti ada itu
kalau untuk pelajaran IPA IPS tergantung jurusan untuk di boga masih belajar biologi,mikrobiologi,fisika dasar,kimia dasar,kimia makanan

untuk biaya mulai tahun 2013 sudah menggunakan sistem UKT, apa itu UKT? silakan ngegoogle aja yak, terima kasih

Unknown
January 27, 2016 at 1:32 AM

Ka saya mau tanya, kalo anak ipa bisa ikut snmptn pendidikan tata boga ga? Pendidikan tata boga di unj itu ipa atau ips ya?

Unknown
March 4, 2016 at 2:00 AM

kak mau tanya. tata boga kan masuknya rumpun ips ya, jdi kalau sbm itu hrs ambil ipc/soshum kak? terus kalau mandiri ada tata boga yg s1 ga? apa d3 aja?

Miftahul Hadi
March 6, 2016 at 8:17 AM

@Gyu Qian maaf banget baru bales, sebenernya pendidikan tata boga itu jurusan ips, tp kk sendiri anak ipa bisa masuk tata boga lewat snmptn kok, jadi ga menutup kemungkinan anak ipa ngambil tata boga di unj

Miftahul Hadi
March 6, 2016 at 8:19 AM

@Cindy Sonia aduh maaf banget nih saya kan masuk lewat snmptn yak, kalau untuk sbm sama mandirinya kurang tau banyak tuh soal tata boga, jadi maaf tidak bisa jawab ya

Unknown
March 10, 2016 at 2:53 AM

oh iya gpp kak. klo boleh tau wktu itu snm di pilihan brp kak? trs wktu msk tata boga itu milih mau s1 apa d3 atau gmn kak?

Miftahul Hadi
March 10, 2016 at 7:30 AM

@Cindy Sonia
waktu itu pilahan pertama di snmptn. kalau masuk lewat snmptn pasti S1 tuh, cara bedain S1 sama d3 itu dari awalnya aja, kalau pendidikan tata boga itu S1, kalau tata boga aja berarti d3 kalau kamu mau ngambil S1 berarti milihnya yg pendidikan tata boga begitu juga sebaliknya

Anonymous said... Reply
June 28, 2016 at 1:27 AM

Asalamu'alaikum,
hi kak..
ada email ga?
mau tanya, tp lewat email. bisa ga?

Anonymous said... Reply
June 28, 2016 at 1:29 AM

Asalamu'alaikum,
hi kak..
ada email ga?
mau tanya nih, tp lewat email. bisa ga?

Unknown
July 14, 2016 at 5:13 AM

Kak maaf saya mau nanya
Kalo sertifikat nya non pelajaran atau exul gitu di terima gak?

Miftahul Hadi
July 17, 2016 at 9:07 AM

@Anonymous
Asalamu'alaikum,
hi kak..
ada email ga?
mau tanya, tp lewat email. bisa ga?

waalaikum salam, maaf banget baru bales, baru sempet buka blog lagi, ada ini emailnya
mifftahhadi@gmail.com

Miftahul Hadi
July 17, 2016 at 9:08 AM

@latip purnama
sertifikat yang kaya apa tuh contohnya?

Unknown
August 24, 2016 at 5:58 PM

kak kalo snmptn tataboga yang diliat di nilai raport itu nilai apa ya? saya dari sma soalnya gaada basic tataboga

Unknown
August 24, 2016 at 5:58 PM

kak kalo snmptn tataboga yang diliat di nilai raport itu nilai apa ya? saya dari sma soalnya gaada basic tataboga

Unknown
August 27, 2016 at 6:37 AM
This comment has been removed by the author.
Unknown
January 9, 2017 at 3:01 PM

kak mau nannya bedanya pend.teknik boga sama pendidikan tata boga apa yah?
kakak dulu snmptn pend.tataboga di pilihan prtama yah? kak bisa tnya tanya gak boleh mntk ig nya gak 😃

Unknown
February 3, 2017 at 3:13 AM

Kak jurusan ini menurut kakak cocok gak buat anak anak pemalu gitu?hehe

Miftahul Hadi
February 7, 2017 at 2:11 AM

@Agata Christiana

Pertrama tama maaf banget ini baru di jawaab, baru ngecek blog lagi, ini jawab yak, kalau untuk nilai rapot apa aja yg diliat kurang tau juga ya. maaf

Anonymous said... Reply
February 7, 2017 at 2:14 AM

@ressa ermasari

Bedanya pendidikan teknik boga sama pendidikan tata boga? wah ini aja baru denger tuh kalau ada jurusan pendidikan teknik boga

Iyah dulu milih boga di pilihan pertama pas snmptn

boleh kalau mau tanya tanya lewat ig @mifftahhadi

Miftahul Hadi
February 7, 2017 at 2:19 AM

@Papamsila Sila

cocok apa ngga buat anak pemalu? hhhmmmm kalau untuk pendidikan tata boga kayanya ga cocok deh, karna nanti kamu harus ikut PKM (praktek Kerja Mengajar) nanti kamu bakal ngajar ana smk di situ di depan kelas ketemu sama berpuluh puluh siswa semua mata tertuju sama kamu

tp menurut gue semua jurusan itu ga boleh jadi orang pemalu tau, toh apapun jurusanya nanti, kamu bakal ketemu sama orang banyak, akan ada momment dimana kamu bicara di depan orang banyak yang ngga kamu kenal, so pemalu boleh tp jgn pemalu banget lah, apa lagi malu maluin

btw maaf jadi ceramah wkwkw

Unknown
February 26, 2017 at 1:38 AM

Kak, bedanya pendidikan tataboga sama d3 tataboga itu apa? Kira" perbandingan dari praktik sama teori dari keduanya itu apa? Sama peluang dapat kerja lebih banyak yang mana? Juga saranin pilih yg mana hehehe terimakasih :v

Miftahul Hadi
February 26, 2017 at 9:53 PM

@Unknown

Bedanya pendidikan tataboga sama d3 tataboga itu banyak, kalau dari masa studi lebih lama yang pendidikan tata boga 4 tahun. kalau d3 palingan cuma 3 tahun. gelarnya juga pasti beda, kalau pendidikan nanti dapet gelarnya itu S.Pd sarjana pendidikan,

Perbandingan praktik sama teori, kalau untuk praktik hampir sama aja sih. cuman ada beberapa mata kuliah praktik yang berbeda misanya di D3 ada matkul bumbu dan rempah tapi di pendidikan tidak ada. dan untuk D3 juga lebih fokus ke praktek sih, untuk S1 lebih banyak analisis prakteknya

Untuk teorinya, yang pendidikan dapet matkul yang lebih banyak, mangkanya lama studinya juga lebih lama yang pendidikan.

Untuk yang pendidikan itu dia ada mata kuliah tentang pendidikan, seperti landasan pendidikan, psikologi perkembangan, Perencanaan pembelajaran. ya pokoknya yang pendidikan akan belajar tentang berbagai macam hal tentang pendidikan. sedangkan D3 tidakk

untuk peluang kerja secara ga langsung lebih banyak yang pendidikan, karna yang pendidikan bisa jadi guru di SMK boga sedangakan D3 tidak, tp itu tetep balik ke individu sih kalau soal kerja mah

Saranin kemana? kalau kamu inget cepat berpenghasilan dan fokus di boga pilih yang D3

tapi

kalau kamu tipe orang yang suka cari pengalaman baru, gue saranin ambil yang pendidikan. karna di pendidikan tata boga gue lebih dapet banyak pengalaman di banding temen gue yang D3, seperti, Pengalaman KKN pengabdian di desa. Mengajar di SMk, dan masih banyak lagi

Pilihan tetep ada di kamu

Unknown
February 27, 2017 at 5:19 AM

Gitu ya kak, tapi saat proses pembelajaran ini dimulai dari nol nggak kak? Soalnya aku nggak bisa masak dan ini lagi mau usaha hehehehe,, terimakasih

Miftahul Hadi
March 1, 2017 at 12:15 AM

@Nisa Minarizma

Dari 0 kok, dari kita belajar motong dan segala macem bener bener dari basic

asal ga takut pisau ga takut api ga akan jadi masalah itu mah

Unknown
March 10, 2017 at 7:14 PM

Tapi kira" kulia pendidikan tataboga banyak waktu luang nggak? Masih bisa kerja sampingan ?

Miftahul Hadi
March 17, 2017 at 1:27 AM

@ Nisa Minarizma

kalau untuk waktu luang tergantung sama sks yang kita ambil dan pinter pinternya kita ngatur jadwal. semakin sedikit sks yang kita ambil semakin banyak waktu luanganya, tp lulusnya makin lama. kalau untuk sambil kerja. menurut gue tergantung kerjaanya sama diri masing masing,

Unknown
March 18, 2017 at 4:51 AM

Gitu ya,,, tapi kak kalau mau pend.tataboga sbmnya musti soshum? Saintek nggak bisa?

Unknown
April 19, 2017 at 9:12 PM

maaf kak, mau tanya.. kalo praktik biasa nya berapa kali dalam seminggu? trus biaya praktik biasa nya abis berapa kak?

Renaldyavril
April 22, 2017 at 12:32 PM

ka kalo tata boga masuknya rambut harus rapih atau bebas? terutama buat cowo hehe

Miftahul Hadi
April 24, 2017 at 5:09 AM

@Shinta Nur Fitriyana kalau untuk praktik biasanya 2 sampai 3 kali dalam seminggu, dan untuk biaya praktik tergantung sama matakuliahnya, untuk di awal semester biaya praktik tidak begitu mahal, tp nanti ada beberapa matakuliah praktik yang biayanya cukup mahal. tp bisa patungan kok tenang aja

Miftahul Hadi
April 24, 2017 at 5:11 AM

@renaldy april

kamu mau kuliah atau mau ngapain sih nanyain rambut...?

kalau soal rambut sih tergantung mata kuliahnya kalau mata kuliah tentang pendidikan biasanya rambut harus rapih,
kalau mata kuliah umum terserah dah rambutnya mau panjang, kepang, botak terserah
kalau mata kuliah praktik pas praktik rambut kurang jadi masalah sih, asal pake penutup rambut. dan kalau praktik kumis sama jenggot biasanya ga boleh ada

Unknown
April 29, 2017 at 12:50 AM

kak mau tanya

Unknown
April 29, 2017 at 12:52 AM

kalo di unj jurusan pendidikan tata boga dapet penyaluran kerjaan ga ka ?
trus bekerja sama dengan apa aja ya ka?

Unknown
May 1, 2017 at 8:59 AM

ka mau tanya. kalo di unj itu. di jurusan tata boga bisa di salurkan ke hubungan internasional gk ka..??

Miftahul Hadi
June 20, 2017 at 7:42 AM

@cha icha maaf banget ini baru bales. baru sempet buka blog lagi. kalau soal dapet penyaluran apa tidaknya mah tergantung sama kualitas kita juga,kalau semua mahasiswanya dapet penyaluran kerja berarti unj itu bukan kampus tapi agency.

kalau bekerja sama sih banyak banget kerjasamanya. dari beberapa sekolahan, perusahaan, banyak deh pokoknya

Miftahul Hadi
June 20, 2017 at 7:45 AM

@Hifni Awalliah

secara logika sih ga mungkin bisa kalau boga di salurkan ke hubungan internasional, mata pelajaranya aja udah pasti beda boga sama HI. tp kalau ga ada yang tidak mungkin sih. coba aja, kali aja kamu menemukan 1 bidang studi baru

Unknown
July 2, 2017 at 1:58 AM

Kak mau tanya dong kalau masuk lewat snm dari jurusan bahasa bisa ga ya?trs aku jg masih bingung nih dan kurang paham juga soal tata boga, tp tertarik masuk tata bogaa.kira kira gimana ya?

Miftahul Hadi
July 4, 2017 at 6:37 AM

@ Tazkia Wardhana

kalau untuk snm dari jurusan bahasa masuk boga untuk tahun ini atau tahun depan kurang tau ya karna takutnya sistemnya berubah atau gimana. cuman kalau untuk angkatan gue sendiri sih ada 1 orang yang masuk boga lewat jalur snm dari SMK elektro, itu kan sungguh tidak nyambung tp nyatanya dia bisa masuk

cuman kalau lewat jalur sbm atau mandiri pasti bisa

kamu masih bingung dan kurang paham soal tata boga tp tertarik, terus nanya kira kira gimana? apanya nih yg bagaimana? proses belajarnya kah atau apanya? gue juga jadi bingung sendiri ngejawab sama ngejelasinya. sok atuh silakan kalau ada yg ingin ditanyakan lagi

Anonymous said... Reply
August 31, 2017 at 12:09 AM

salam kak,, mau nanya kk masuk jurusan tata boga di UNJ kan jalur SNM. nah kk SMA IPS atau memang sdh SMK??

Miftahul Hadi
October 4, 2017 at 7:37 AM

@Anonymous
salam....
SMA nya itu dulu di jurusan IPA

ridhwan syarif
November 27, 2017 at 6:54 AM

wah baca komentarnya banyak juga yaa, saya jg mahasiswa S1 boga UNJ loh, baru semester 3 dan seru banget dah

ridhwan syarif
November 27, 2017 at 7:02 AM

@Tazkia wardhana

setau saya sih selama masih sama kategory sosial hukum(SOSHUM) masih bisa makanya tadi bang hadi bilang dari elekro bisa ke boga

Miftahul Hadi
December 8, 2017 at 6:43 AM

@Ridhwan Syarif
tuhkan ada testimoninya hahaha. semester 3 berarti angkatan tahun 2016 ya?

Unknown
January 31, 2018 at 2:57 AM

Kak, saya dri jurusan IPA, terus snmptn mau ambil tata boga(soshum), bisa nggak si?

Unknown
February 8, 2018 at 11:59 PM

Salam kak..
Aku tertarik nih mau masuk tata boga tpi aku gada basic samsek untuk itu krn aku smk akuntansi, sedangkan bsk aku mau daftar snmptn untuk boga pilihan pertama, nah aku mau nanya di prodi kakak diajarin ga dri basic nya disemester 1? Biar gabingung aja gtu ka, Terimakasih

Miftahul Hadi
February 11, 2018 at 7:20 AM

@Juliana Gracia
salam...
bener bener di ajarin dari basic kok, dari awal banget gimana cara motong, jenis jenis potongan.... intinya bener bener basic banget di ajarinya. jangan takut ga bisa, nanti di ajarin kok

Fitridesy
June 6, 2018 at 2:21 AM

Assalamualaikum ka, kalo di jurusan tata boga harus bisa bahasa inggris gak sih? makasiih sebelumnya ka

Fitridesy
June 6, 2018 at 2:22 AM

Assalamualaikum ka, kalo di jurusan tata boga harus bisa bahasa inggris gak sih? makasiih sebelumnya ka

Unknown
July 19, 2018 at 8:53 AM

Hi ka salam kenal, aku mau nanya kalo praktiknya itu kan kdg² pake biaya sendiri, nah biasanya budgetnya paling gede abis brp?

Unknown
July 25, 2018 at 10:09 AM

Kaka angkatan tahun berapa?

TeBoen
July 26, 2018 at 9:00 AM
This comment has been removed by a blog administrator.
Miftahul Hadi
August 1, 2018 at 6:47 AM

@Fitridesy maafkan baru direspon baru sempet buka blog lagi
ngga harus bisa bahasa inggris kok.

Miftahul Hadi
August 1, 2018 at 6:51 AM

@Fauziah Safitri
maafkan baru direspon, baru sempet buka blog lagi. kalau untuk biaya praktek itu tergantung mata kuliahnya juga sih, ada beberapa mata kuliah yang uang praktiknya murah murah dan ada juga yang mahal mahal. kalau di tanya biasanya abis berapa, lupa sih sebenernya. cuman biasanya 150rb itu udah bisa di pake buat praktek untuk 1 minggu untuk 2 matakuliah, kalau yang paling mahal bisa sampai 200 lebih

Miftahul Hadi
August 1, 2018 at 6:52 AM

@Unknown
Saya angkatan 2013, anak boga UNJ juga kah?

Sahrul
September 7, 2018 at 1:06 AM

kak mau nanya banyak nih...
1.mulai semester brp praktek.x??
2.Dalam 1 bln pling sering praktek atau teori??
3.untuk sekali praktek biasa.x per org hbis brp biaya.x kak??
4.Kalo lgi magang/pkl hrs di smk gitu yh magang.x??? apa bisa prodi s1 boga magang di hotel??
5.Kalo di prodi S1 boga ada program Casual/part time di hotel gitu gak?? klo ada hari apa aja kita boleh melaksanakan casual/part time??
6.Banyakan cowo atau cewe di prodi kakak??
7.pilihan konsentrasi.x apa aj?? kakak milih konsentrasi apa??
8.Kak klo dri smk multimedia msk S1 boga lwt snmptn bisa gk??
maaf yh kak klo banyak tanya...tolong dijwb yh kak...makasih banyak...

Miftahul Hadi
September 7, 2018 at 2:44 AM

@Sahrul
waaah banyak juga nih pertanyaanya. kita diskusi di rixer aja yuk, nanti dijawab tuntas semua jawabanya https://rixer.co.id/?ref=2541-5244 . nanti cari akun gue aja, Miftahul Hadi, nanti kita diskusi disana, gue lagi aktif disana kok, gampang kok cara makenya kaya facebook. di tunggu ya

Unknown
September 16, 2018 at 8:18 PM

Assalamualaikum kak,
Mau tanya, bisa lolos SNMPTN tata boga itu, dulu kakak rata rata rapor per semesternya berapa ya? Dan pernah turun nggak nilainya?
Terima kasih ☺

Miftahul Hadi
September 25, 2018 at 9:51 AM

@Unknown
Assalamualaikum kak,
Mau tanya, bisa lolos SNMPTN tata boga itu, dulu kakak rata rata rapor per semesternya berapa ya? Dan pernah turun nggak nilainya?
Terima kasih


Walaikumsalam
berapa ya waktu itu nilai rata rata rapor nya, keknya 80an ada deh. Lupa, kalau dari semester satu sama semester 5 selalu naik sih rata-rata nilai rapornya

Emilia
May 19, 2019 at 3:42 PM

Kak, saya sbmptn ipa bisa ambil tataboga ga sih?

Miftahul Hadi
May 24, 2019 at 7:57 AM

@Emilia Kalau mau masuk boga lewat SBMPTN kayanya harus ngambil yg soshum deh, apa yang campuran gitu, lupa gue juga, ga bisa lewat yg IPA.

Rizky Aulia Putri
October 24, 2019 at 10:34 AM

Ka mau nanya kan aku anak ips mau masuk tata boga sedangkan di tataboga ada kimia fisika yg sama sekali blum pernah belajar kimia fisika apakah bisa??

Anonymous said... Reply
January 25, 2020 at 7:18 AM

Kaka jurusan tata boga ada yang saintek ga ?

Anonymous said... Reply
January 25, 2020 at 7:23 AM

Kk maap aku mau nanya tata boga di unj soshum kan? Trs kalo yg anak ipa harus lwt sbmptn kalo engga jalur mandiri donk. Makasih k. Tolong bales ya kak

zikry fadillah ghifary
March 1, 2020 at 4:58 AM

Tata boga termasuk ipa/ips kak?

Unknown
April 4, 2020 at 10:11 AM

Mas di UNJ ada kelas karyawan ga sih? Saya pengin kuliah tapi juga tetep pengin kerja

Miftahul Hadi
July 6, 2020 at 5:06 AM

@Hello.there

Kaka jurusan tata boga ada yang saintek ga ?

maaf baru bales, diBoga belajar saintek juga, tapi cuma dasar kok

Kk maap aku mau nanya tata boga di unj soshum kan? Trs kalo yg anak ipa harus lwt sbmptn kalo engga jalur mandiri donk. Makasih k. Tolong bales ya kak

iyah, tata boga di unj soshum, adan ipa bisa lewat jalut snmptn juga kok, ga mesti sbmptn dan jalur mandiri. Gue anak IPA keterima tataboga unj lewat jalur SNMPTN kok, selamat mencoba

Miftahul Hadi
July 6, 2020 at 5:07 AM

@Unknown

Tata boga termasuk ipa/ips kak?

IPS

Mas di UNJ ada kelas karyawan ga sih? Saya pengin kuliah tapi juga tetep pengin kerja

ada kok kelas karyawanya,

Miftahul Hadi
July 6, 2020 at 5:10 AM

@Unknown

Ka mau nanya kan aku anak ips mau masuk tata boga sedangkan di tataboga ada kimia fisika yg sama sekali blum pernah belajar kimia fisika apakah bisa??


maaf baru bales, baru sempet buka blog lagi
bisa kok, disana bakalan di ajarin kimia dasar sama fisika dasar, sama kaya pelajaran anak SMA, dan lebih mudah disana malahan.

Unknown
September 18, 2020 at 8:48 AM

Kak saya mau bertanya kak kalau kita lulusan SMA gtu apakah bisa masuk kuliah jurusan tata boga kak soalnya saya bingung kak dan semoga kak bisa jawab yah kak soalnya butuh banget jawaban dari kakak
Jawab yah kak pliss🙏😇

Unknown
September 18, 2020 at 8:52 AM

Kak kalok SMA jurusan IPA bisa kuliah jurusan tata boga kak

Unknown
September 18, 2020 at 10:36 PM

Kak mohon di bales kak

Anonymous said... Reply
January 12, 2021 at 10:11 PM

Ka mau nanya, biaya praktek nya mahal ga sih ka?
Saya mau masuk tapi takut ga kuat biayanya.maklum saya bukan dari kalangan mampu

Anisa Putri Hadaya
November 14, 2021 at 7:16 PM

Kak maaf kalau gada sertifikat gitu kemungkinan bisa ga masuk snmptn tata boga btw kak saya sma ipa

Post a Comment